Koordinator Umum Operasi Himbauan mengenai covid-19 tanggal 17 Juni 2020 (Hilarius B. C. da Silva, SE.M.Ec.Dev) sedang menjelaskan protokol kesehatan yang harus dilakukan di Roxy Mart di Jl. Amabi no. 54.
Foto: Agus Widodo
Link: Himbauan Covid-19 bulan April s/d bulan Juli 2020

 

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19 atau virus Corona yang bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan lanjut usia), orang dewasa, anak-anak dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Virus tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat dan diikuti dengan angka kematian yang terus meningkat.

Virus ini telah menjadi pandemi dengan skala internasional dan sangat mempengaruhi seluruh sektor kehidupan di dunia. Kondisi ini juga terjadi di Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Gugus Tugas (GT) yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kesehatan dan TNI/Polri mengambil langkah cepat guna mencegah penyebaran Virus Corona secara lebih luas dengan memberikan edukasi yang bersifat himbauan kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menaati protokol kesehatan.

Gerakan 3M dimulai dari menggunakan masker, mencuci tangan (di air yang mengalir) dan menjaga jarak. Selain himbauan lisan kepada masyarakat umum, tim gugus tugas juga membagikan pamflet kepada para pemilik toko/supermarker, warung makan, kios sampai pada pedagang kaki lima.

Kegiatan himbauan berlangung selama 4 bulan, dimulai pada tanggl 24 April 2020 dan berakhir pada tanggal 24 Juli 2020. Kegiatan ini berdampak positif dimana, adanya kesadaran masyarakat dalam menaaati protokol kesehatan sesuai himbauan Pemerintah.

Selain bersama Team gugus tugas, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Nusa Tenggara Timur juga rutin melakukan himbauan covid. Kegiatan ini dikemas dalam patrol wajib dan hanya melibatkan internal Satpol PP Prov.NTT. **Fraun